Senin, 22 Juni 2009

PERANAN ORANG TUA DALAM USAHA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI MA MA'ARIF BANGIL

Peranan orang tua dalam pendidikan merupakan suatu aspek yang sangat penting bagi anak, karena bentuk usaha yang dilakukan secara baik, teratur dan sungguh-sungguh akan memberikan pengaruh terhadap belajar anak sehingga dapat berpengaruh juga dalam meningkatkan prestasi belajar anak.
Salah satu faktor penunjang terhadap peningkatan prestasi belajar siswa caranya adalah peranan orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, memberikan atau menyediakan fasilitas yang dibutuhkan oleh anak dan memberikan motifasi untuk lebih meningkatkan prestasi belajarnya. Maka secara tidak langsung orang tua sangat berpengaruh dalam keberhasilan pendidikan anak walaupun hanya memberi bimbingan, fasilitas dan motifasi sesuai dengan kemampuan masing-masing, disamping itu guru disekolah dan juga masyarakat.
Adapun permasalahan yang timbul dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana Prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di MA ma'arif angil
2. Bagaimana peran orang tua dalam usaha meningkatkan prestasi belajar PAI siswa di MA Ma'arif Bangil
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
1. Untuk mendeskripsikan bagaimana prestasi Pendidikan Agama Islam siswa di Madrasah Aliyah Ma’arif Bangil.
2. Untuk mendeskripsikan peranan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa di Madrasah Aliyah Ma’arif Bangil.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu analisis data dengan cara memberi predikat kepada variable yang di teliti sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Metode ini digunakan untuk menganalisis data yang bersifat kualitatif dengan data yang tidak bisa direalisasikan dengan angka. Tehnik pengumpulan data melalui a. Dokumenter, b. Angket, c. Interview. Populasinya sebanyak 230 siswa dan yang menjadi sampel 50 siswa. Sedangkan untuk menganalisis data yang diungkapkan dengan angka digunakan tehnik prosentase dengan rumus sebagai berikut :

P = F x 100 %
N


Dari hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa tingkat prestasi belajar PAI siswa MA ma'arif Bangil, dapat dikatakan baik karena dari 50% prestasinya mencapai skor tinggi dan rata-rata anak yang memiliki prestasi tinggi dari orang tua yang memiliki tingkat status ekonomi yang tinggi dan juga berpendidikan tinggi karena orang tua tersebut mampu dan mengerti segala kebutuhan untuk belajar anaknya dan rata-rata anak yang tidak memiliki prestasi yang tinggi dari orang tua yang memiliki tingkat status ekonomi yang rendah dan juga bependidikan rendah karena orang tua tersebut tidak mampu dan kurang peduli dengan kebutuhan belajar anak. Hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa sebagaian besar orang tua siswa MA ma'arif Bangil, telah melaksanakan peranannya di dalam usaha meningkatkan prestasi belajar PAI siswa.
Maka diharapkan bagi orang tua murid hendaknya melaksanakan kewajibanya atau peranannya sebagai pendidik di rumah dengan baik dan mau bekerja sama dengan sekolah sebagi tempat belajar bagi anaknya dengan melalui usaha pemberian bimbingan belajar, pemberian fasilitas, pemberian motifasi yang berguna untuk lebih meningkatkan lagi usaha yang dapat meningkatkan prestasi belajar PAI siswa