Senin, 22 Juni 2009

PERANAN PENDIDIKAN UNTUK MENDISIPLINKAN ANAK SEJAK DINI

BAB I :

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Disepanjang kehidupan manusia tugas dan kewajiban manusia merupakan hal yang selalu menyertainya. Seseorang akan dinilai positif apabila ia berhasil memenuhi kebutuhan dan kewajibannya. Untuk dapat memenuhi tugas dan kewajibannya pada tiap tahapan usia yang dilalui oleh setiap orang , maka diperlukan beberapa faktor penunjang.

Sebagai ahli yang membahas hakikat manusia dan kebutuhannya akan pendidikan , pengkajian persoalan mulai dengan adanya manusia , tugas atau keadaannya didunia ini serta implikasi - implikasinya bagi pendidikan. Hanya manusia yang mempunyai pendidikan dan hanya dengan pendidikan anak dapat mengembangkan dimensi - dimensi kemanusiaannya sehingga akan benar - benar menjadi manusia seutuhnya.

Disiplin merupakan sikap moral seseorang yang tidak secara otomatis ada didalam dirinya sejak lahir , melainkan bentuk melalui pendidikan dan lingkungan serta pola asuh dan perlakuan dari orang tua , guru dan lingkungan.

Disiplin disebutkan sebagai salah satu faktor pendukung keberhasilan seseorang dalam memenuhi tugas dan kewajibannya. Seseorang yang sehat , pandai , terampil dan mampu bergaul akan tetapi tidak mampu menyeleseikan tugas dan kewajibannya tepat waktu dan baik seperti yang akan dia dapatkan apabila memperhatikan faktor disiplin.